BERITA
DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BOMBANA IMPLEMENTASIKAN SISTEM KEAMANAN DOKUMEN PERIZINAN MELALUI PENGGUNAAN QR CODE KHUSUS
Jumat, 05 Juli 2019 18-42-30

Rumbia, 5 Juli 2019.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bombana melakukan inovasi baru yaitu mengimplementasikan sistem keamanan dokumen perizinan melalui penggunaan QR Code khusus.

Sistem keamanan dokumen perizinan melalui penggunaan QR Code khusus pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab. Bombana pada prinsipnya telah dilaksanakan sejak tanggal 21 Juni 2019, namun pelaksanaan Launching dan Sosialisasi baru dapat dilakukan pada Hari Kamis, 4 Juli 2019 bertempat di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Bombana. 

Pada acara Launching dan Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Bupati Bombana yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD Lingkup Kab. Bombana, Perwakilan masyarakat/pelaku usaha, perwakilan perbankan dan perwakilan media massa.

Kegiatan Launching dan Sosialisasi Sistem Keamanan Dokumen Perizinan Melalaui Penggunaan Qr Code Khusus ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana,Bapak H. Burhanuddin A. HS. Noy, S.E., M.Si. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana memberikam Apresiasi kepada Dinas Penanaman Modal Dan PTSP di bawah Nahkoda Bapak H. Pajawa Tarika, S.Pd.  yang telah berinovasi agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik dan  dokumen-dokumen perizinan yang diterbitkan untuk usaha masyarakat bisa terjaga keabsahannya.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab. Bombana, Bapak H. Pajawa Tarika, S.Pd., dalam laporannya menyampaikan bahwa sistem keamanan dokumen perizinan melalui penggunaan QR Code khusus ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pihak DInas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bombana dalam hal memberikan kepastian hukum kepada masyarakat/pelaku usaha terkait keaslian dokumen perizinan yang diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab. Bombana.

Sistem keamanan dokumen perizinan melalui penggunaan QR Code khusus yang diimplementasikan oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bombana, bukan hanya sekedar tersedianya   QR Code pada dokumen perizinan dan non perizinan tetapi juga akan terkoneksi langsung pada arsip dokumen yang ada pada website Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bombana, disinilah letak perbedaan antara QR Code yang umum digunakan, dengan QR Code yang ada pada sistem keamanan dokumen perizinan yang digunakan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bombana.

Dengan adanya QR Code ini  pada setiap dokumen perizinan dan non perizinan yang diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bombana, maka masyarakat akan sangat mudah untuk memastikan keaslian dokumen perizinan dan non perizinan yang dimiliki yaitu dengan cara melakukan scan QR Code yang ada pada dokumen perizinan yang dimiliki menggunakan qr scanner yang ada pada hp, yang setelah dilakukan scan akan terbaca data-data terkait dokumen tersebut dan juga dapat terkoneksi pada arsip dokumen tersebut yang ada pada website milik Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bombana.

Dengan adanya sistem  keamanan dokumen perizinan melalui penggunaan QR Code khusus, pada prinsipnya semua proses perizinan semakin cepat dan juga pengarsipan dokumen perizinan menjadi semakin baik karena tersimpan secara elektronik, selain itu diharapkan dapat meminimalisir praktik-parktik pemalsuan dokumen perizinan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung.(hr@dpmptsp)

 

Copyright © 2019 DINAS PENANAMAN MODAL DAN PTSP KABUPATEN BOMBANA
DINAS PENANAMAN MODAL DAN PTSP KABUPATEN BOMBANA
Jl. Yos Sudarso Kel. Lauru, Kec. Rumbia Tengah, Kab. Bombana, Sulawesi Tenggara
HP: +62 85343611341
E-mail: Info.dpmptspbombana@gmail.com

http://facebook.com/dpmptspbombana
Top